Powered By Blogger

Rabu, 19 Desember 2012

Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi


Akuntansi adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan dan penginterpretasian segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dan pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Profesi akuntansi  terbagi kedalam 5 area kerja utama :
1.    Akuntansi manajerial
Akuntansi manajerial digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan.
Certified management accountant merupakan seorang profesional akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian kualifikasi di bidang tersebut dan telah disertifikasi oleh institute of certified management accountants
2.    Akuntansi keuangan
Merupakan informasi dan analisis akuntansi  yang ditujukan bagi pihak-pihak luar organisasi.
Laporan tahunan merupakan suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan,kinerja, dan harapan-harapan organisasi.
Akuntan swasta merupakan seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen pemerintah, atau organisasi nirlaba tertentu
Akuntansi publik merupakan seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi.
3.    Auditing
Merupakan tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan
Certified internal auditor adalah seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus suatu ujianyang diselenggarakan oleh institute of internal auditor
4.    Akuntansi pajak
Merupakan seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan bertanggung jawab untuk mempersiapkan SPT pajak atau mengembangkan strategi pajak
5.    Akuntansi pemerintahan dan nirlaba
Merupakan sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak berorientasi tetapi melayani ratepayes. Pembayar pajak, dan lainnyasesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.
Akuntansi merupakan pencatatan, pengklarifikasian,peringkasan dan penginterpresentasian segala kejadian dan transasi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dan pihak kepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
Siklus akuntansi merupakan masukan atas sistem akuntansi mencakup dokumen penjualan dan dokumen lainnya. Data-data ini lalu dimasukkan kedalam ringkasan laporan keuangan, seperti laporan laba rugi dan neraca. Buku besar merupakan buku akuntansi khusus atau program komputer yang berisi informasi dari jurnal akuntansi diakumulasikan kedalam kategori tertentu dan diposting, sehingga manajer dapat menemukan semua informasi mengenai satu akun di tempat yang sama.
Laporan keuangan utama adalah ringkasan semua transaksi yang terjadi selama satu periode tertentu. Laporan keuangan utama terdiri atas:
·         Persamaan akuntansi dasar
·         Neraca
·         Penggolongan aset
·         Akun kewajiban dan ekuitas pemilik
·         Laporan laba rugi
·         Pendapatan
·         Harga pokok penjualan
·         Beban operasional
·         Laba atau rugi bersih
·         Laporan arus kas

Analisis rasio adalah penilaian kondisi dan kinerja keuangan perusahaan melalui perhitungan dan penginterpretasian rasio keuangan yang dikembangkan dari laporan keuangan perusahaan. Ada empat tipe dari analisis rasio, yakni:
·         Rasio likuiditas
·         Rasio pengungkit
·         Rasio profitabilitas
·         Rasio aktivitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar