Powered By Blogger

Rabu, 19 Desember 2012

Menggunakan Teknik-Teknik Promosi yang Efektif

Sebuah promosi adalah usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi disebut bauran promosi (promotion mix). Lalu komunikasi pasar terpadu mengkombinasikan semua alat promosi menjuadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Iklan (advertising) adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi atau individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi dalam pesan. Sedangkan propaganda merupakan komunikasi non personal yang tidak memiliki sponsor teridentifikasi. Iklan pada TV tidak terbatas pada iklan tradisional untuk produk-produk yang menginterupsi acara TV, terkadang produk tersebut tampil dalam acara TV. Hal seperti ini disebut penempatan produk, yaitu memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film dimana produk tersebut akan dilihat.bentuk ikloan yang sedang berkembang adalah infomersial, adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Walaupun iklan TV masih nomor satu untuk para pemasar, bentuk iklan ini mulai kurang efektif. Alternatif populer bagi sebagian adalah memasang iklan secara online. Promosi interaktif memungkinkan para pemasar untuk lebih sekadar melakukan monolog tetapi juga membujuk pembeli untuk membeli dengan berdialog, salah satu contohnya adalah iklan global.
Langkah-langkah dalam proses penjualan (B2B):
1.      Melakukan prospek dan kualifikasi.
2.      Pra-pendekatan.
3.      Pendekatan.
4.      Melakukan presentasi.
5.      Menjawab keberatan.
6.      Menutup penjualan.
7.      Tindak lanjut (follow up).

Sedangkan proses penjualan dalam B2C sedikit berbeda dengan B2B. Dalam B2C dimaulai dengan pendekatan, mengajukan pertanyaan, melakukan presentasi, menutup penjualan dan tindak lanjut. Hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubh kebijakan dan prosedur untuk merespons permintaan publik dan melakukan sebuah program untuk mendapatkan simpati publik. Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumendan minat dealer melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Promosi mulut ke mulut (word to mouth) adalah promosi yang melibatkan sekumpulan orang dengan memberi tahu orang-orang lain mengenai produk yang mereka beli. Promosi ini bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu viral marketing, blogging dan podcasting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar