Sebuah promosi adalah usaha para pemasar untuk
memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai
produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Kombinasi
dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi disebut bauran promosi (promotion mix). Lalu komunikasi pasar
terpadu mengkombinasikan semua alat promosi menjuadi satu strategi promosi yang
menyeluruh dan terpadu.
Iklan (advertising)
adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh
organisasi atau individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi dalam
pesan. Sedangkan propaganda merupakan komunikasi non personal yang tidak
memiliki sponsor teridentifikasi. Iklan pada TV tidak terbatas pada iklan
tradisional untuk produk-produk yang menginterupsi acara TV, terkadang produk
tersebut tampil dalam acara TV. Hal seperti ini disebut penempatan produk, yaitu
memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film dimana produk tersebut akan
dilihat.bentuk ikloan yang sedang berkembang adalah infomersial, adalah acara TV
siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Walaupun
iklan TV masih nomor satu untuk para pemasar, bentuk iklan ini mulai kurang
efektif. Alternatif populer bagi sebagian adalah memasang iklan secara online. Promosi
interaktif memungkinkan para pemasar untuk lebih sekadar melakukan monolog
tetapi juga membujuk pembeli untuk membeli dengan berdialog, salah satu contohnya
adalah iklan global.
Langkah-langkah dalam proses penjualan (B2B):
1. Melakukan
prospek dan kualifikasi.
2. Pra-pendekatan.
3. Pendekatan.
4. Melakukan
presentasi.
5. Menjawab
keberatan.
6. Menutup
penjualan.
7. Tindak
lanjut (follow up).
Sedangkan
proses penjualan dalam B2C sedikit berbeda dengan B2B. Dalam B2C dimaulai
dengan pendekatan, mengajukan pertanyaan, melakukan presentasi, menutup
penjualan dan tindak lanjut. Hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen yang
mengevaluasi sikap masyarakat, mengubh kebijakan dan prosedur untuk merespons
permintaan publik dan melakukan sebuah program untuk mendapatkan simpati
publik. Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian
konsumendan minat dealer melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Promosi
mulut ke mulut (word to mouth) adalah promosi yang melibatkan sekumpulan orang
dengan memberi tahu orang-orang lain mengenai produk yang mereka beli. Promosi ini
bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu viral marketing, blogging dan
podcasting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar