Selasa, 04 Desember 2012

Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia


Pengertian dari produksi adalah pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi dengan menggunakan faktor-faktor produksi: tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan, dan pengetahuan. Sedangkan manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan semua aktifitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka membuat barang.
Manajemen operasi adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber (termasuk SDM) menjadi barang dan jasa.

Dalam proses produksi, Form Utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi,seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunakan silikon dan membuat chip komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan. Syarat-syarat dasar produksi adalah sbb:
1.Membuat dan mengirimkan produk sebagai respon terhadap permintaan pelanggan pada waktu pengiriman yang telah ditentukan
2.Memberikan tingkat kualitas yang dapat diterima
3.Memberikan segalanya dengan harga yang serendah mungkin
Dalam proses produksi juga dikenal manufaktur proses yaitu bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen. Proses yang Berkelanjutan adalah proses dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Lalu, proses Sebentar-sebentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.

Dalam tahap prencanaan manajemen operasi, juga ada beberapa istilah. Inilah beberapa istilah tersebut yakni, Lokasi Fasilitas adalah Proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan Tata ruang fasilitas adalah Sususan fisik sumber dalam proses produksi.
Perencanaan persyaratan bahan adalah Sistem manajemen operasi berbasis komputer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat di satu perusahaan tertentu. Sedangkan, perencanaan sumber perusahaan adalah Aplikasi komputer yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi. Makna dari pembelian adalah Fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik, dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa.
Lalu ada juga proses Kontrol inventaris yang tepat pada waktunya, yaitu proses produksi dimana inventaris minimum disimpan di dalam gudang serta bagian, persediaan, dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan. Ada empat ktegori dari proses ini. Yang pertama, kontrol kualitas adalah Secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman kepada pelanggan. Lalu, Kualitas sigma enam adalah ukuran kualitas yang memperkenankan hanya 3.4 kerusakan per juta kesempatan.
Kontrol kualitas statistis adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk secara kontinu memonitor semua fase proses produksi guna memastikan bahwa kualitas ditambahkan ke dalam produk tersebut dari awal. Yang terakhir adalah kontrol proses statistis adalah proses pengambilan sampel statistis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan mengambarkan hasilnya di atas grafik.
Standar Intenational Organization for Standardization (ISO) adalah federasi badan standar nasional lingkup dunia lebih dari 140 negara yang menetukan ukuran global untuk kualitas produk individual. Ada dua jenis dari standar ISO, yang pertama ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar terjamin. Dan kedua, ISO 14000 adalah koleksi praktik terbaik untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar