Pengertian pemasaran adalah proses
perencanaan dan pemasaran konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi
barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif
individual dan organisasional. Di Amerika Serikat terjadi evolusi pemasaran
yang melibatkan empat era:
1.
Era produksi
Para pemilik
bisnis kebanyakan petani, tukang kayu, dan pekerja dagang. Ada kebutuhan akan
lebih banyak kapasitas yang produktif, sehingga tujuan bisnis berpusat pada
produksi.
2.
Era penjualan
Sebagian
besar perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk
konsumen untyk membeli produk yang sudah ada sehingga sangat sedikit perusahaan
yang memberikan pelayanan setelah penjualan.
3.
Era konsep pemasaran
Filosofi
bisnis yang terdiri atas tiga bagian yaitu (a). Orientasi pelanggan menekankan
pada apa yang diinginkan konsumen dan menyediakannya bagi mereka, (b).
Orientasi jasa, pastikan semua orang dalam organisasi mempunyai tujuan yang
sama atas kepuasan pelanggan, (c). Orientasi laba fokus pada barang dan jasa
yang akan menghasilkan laba terbanyak.
4.
Era hubungan pelanggan
Proses
mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang
Anda dapat lakukan untuk memuaskan mereka dengan barang dan jasa.
Bauran pemasaran adalah cara
bagaimana pemasar menyenangkan pelanggan yang sudah menjadi prioritas dan
dibagi menjadi empat faktor yang disebut 4p yaitu:
1)
Produk
2)
Harga
3)
Tempat
4)
Promosi
Dalam bauran pemasaran ada stila
yang disebut hubungan pelanggan, yang pengertiannya adalah proses mempelajari
sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat anda
lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan
barang dan jasa. Di bawah ini adalah cara pemasaran dengan metode 4p:
1)
Melakukan peluang
2)
Melakukan penelitian
3)
Mengidentifikasikan pasar sasaran
4)
Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5)
Melakukan pengujian produk
6)
Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7)
Memilih sistem distribusi
8)
Merancang program promosional
9)
Membangun hubungan dengan pelanggan.
Di dalam pasar ada dua jenis pasar
utama dalam bisnis yang berbeda yaitu pasar konsumen dan pasar bisnis ke bisnis
(B2B). Pasar konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang menginginkan
barang dan jasa untuk konsumsi untuk penggunaan pribadi. Sedangkan pasa bisnis
ke bisnis adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan
jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau penjualan,
persewaan.
Adanya pembagian total pasar seperti
ini disebut juga sebagai segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses
pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki
karakteristik yang sama. Di bawah ini adalah jenis pembagian segmentasi pasar:
1)
Segmentasi geografis
2) Segmentasi demografis
3)
Segmentasi psikologis
4)
Segmentasi manfaat
5)
Segmentasi value atau penggunaan
Definisi dari sebuah harga adalah suatu
nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan
moneter. Tujuan ditentukannya harga adalah:
a. Mencapai sasaran pengembalian atas investasi
b. Membangun arus lalu lintas produk
c. Mendapatkan pangsa pasar lebih besar
d. Menciptakan suatu citra
e. Mencapai tujuan-tujuan sosial.
Selain itu ada
juga metode-metode penetapan harga:
1)
Penetapan harga mark-Up
2)
Penetapan harga sasaran pengembalian
3)
Penetapan harga persepsi nilai
4)
Penetapan harga nilai
5)
Penetapan harga umum
6)
Penetapan harga tipe lelang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar