Powered By Blogger

Rabu, 05 Desember 2012

Pemasaran: Membangun Hubungan Pelanggan


Pengertian pemasaran adalah proses perencanaan dan pemasaran konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Di Amerika Serikat terjadi evolusi pemasaran yang melibatkan empat era:
1.   Era produksi
Para pemilik bisnis kebanyakan petani, tukang kayu, dan pekerja dagang. Ada kebutuhan akan lebih banyak kapasitas yang produktif, sehingga tujuan bisnis berpusat pada produksi.
2.   Era penjualan
Sebagian besar perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen untyk membeli produk yang sudah ada sehingga sangat sedikit perusahaan yang memberikan pelayanan setelah penjualan.
3.   Era konsep pemasaran
Filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian yaitu (a). Orientasi pelanggan menekankan pada apa yang diinginkan konsumen dan menyediakannya bagi mereka, (b). Orientasi jasa, pastikan semua orang dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama atas kepuasan pelanggan, (c). Orientasi laba fokus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak.
4.   Era hubungan pelanggan
Proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang Anda dapat lakukan untuk memuaskan mereka dengan barang dan jasa.

Bauran pemasaran adalah cara bagaimana pemasar menyenangkan pelanggan yang sudah menjadi prioritas dan dibagi menjadi empat faktor yang disebut 4p yaitu:
1)  Produk
2)  Harga
3)  Tempat
4)  Promosi
     
Dalam bauran pemasaran ada stila yang disebut hubungan pelanggan, yang pengertiannya adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat anda lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang dan jasa. Di bawah ini adalah cara pemasaran dengan metode 4p:
1)  Melakukan peluang
2)  Melakukan penelitian
3)  Mengidentifikasikan pasar sasaran
4)  Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian
5)  Melakukan pengujian produk
6)  Menentukan nama merk, merancang kemasan, dan menentukan harga
7)  Memilih sistem distribusi
8)  Merancang program promosional
9)  Membangun hubungan dengan pelanggan.


Di dalam pasar ada dua jenis pasar utama dalam bisnis yang berbeda yaitu pasar konsumen dan pasar bisnis ke bisnis (B2B). Pasar konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi untuk penggunaan pribadi. Sedangkan pasa bisnis ke bisnis adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau penjualan, persewaan.
Adanya pembagian total pasar seperti ini disebut juga sebagai segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama. Di bawah ini adalah jenis pembagian segmentasi pasar:
1)  Segmentasi geografis
2)  Segmentasi demografis
3)  Segmentasi psikologis
4)  Segmentasi manfaat
5)  Segmentasi value atau penggunaan

Definisi dari sebuah harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Tujuan ditentukannya harga adalah:
a.   Mencapai sasaran pengembalian atas investasi
b.   Membangun arus lalu lintas produk
c.   Mendapatkan pangsa pasar lebih besar
d.   Menciptakan suatu citra
e.   Mencapai tujuan-tujuan sosial.

Selain itu ada juga metode-metode penetapan harga:
1)  Penetapan harga mark-Up
2)  Penetapan harga sasaran pengembalian
3)  Penetapan harga persepsi nilai
4)  Penetapan harga nilai
5)  Penetapan harga umum
6)  Penetapan harga tipe lelang  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar